Andai Obama Calon Presiden Indonesia.



Begitu pentingnya seorang pemimpin bagi sebuah bangsa. Begitu gempita- nya sekelompok rakyat menyambut pemimpin baru dengan segudang harapan. Barack Obama belum juga terpilih sebagai Presiden Amerika. Tetapi apa yang masyarakat Amerika dan dunia nantikan seperti layaknya pemimpin baru yang akan mengubah semuanya.
Pagi tadi kiblat berita dunia ada di Amerika dengan adanya konvensi Partai Demokrat di Denver, Colorado, Amerika.
Pengukuhan Obama sebagai calaon dari Demokrat seperti perayaan kemenangan rakyat Amerika. Obama layaknya cahaya terang untuk masa depan Amerika. Amerika dinilai salah arah di bawah pimpinan George Walker Bush. Memang tak lebih dari sebuah harapan. Tetapi bukankah harapan adalah awal dari sebuah jalan. Jalan terang karena kita berpikiran terang. Keyakinan karena kita memulai dengan keyakinan. Obama adalah sebuah keyakinan akan harapan baru Amerika.Obama adalah sebuah Tokoh tepat di waktu yang tepat bagi masa depan Amerika.
Bagaimana dengan Indonesia?
Bukan maksud membandingkan langsung Indonesia dengan Amerika. Karena pengalaman peradaban kita jauhlah berbeda. Tetapi perlu dicatat bahwa kita ada di waktu yang sama. Tak salahlah kita belajar dari mereka.
Sebagaimana telah kita ketahui, Obama bukan hanya tokoh citra dan rekayasa media semata. Dalam kampanye program-programnya, begitu detailnya seorang Obama menyampaikan kebutuhan dan harapan rakyat Amerika.
Amerika seperti tampak kecil dengan pengharapan mereka kepada perubahan. Bangsa sebesar Amerika-pun menanti pemimpin yang membawa perubahan. Amerika sedang menanti "Sang Satria Piningit" dalam istilah perpolitikan kita.
Membandingkan kita dengan Amerika mungkin sebuah guyonan. Tetapi membicarakan topik serupa dengan kasus berbeda adalah kewajaran. Berandai Obama Presiden kita bukanlah kebijakan. Tetapi berharap kita punya pemimpin sebesar Obama adalah sebuah keoptimisan. Pasca Sukarno-Hatta kita memang sepi pemimpin Inspiratif. Kita masih terus setia menanti..
Pidato dan Orasi pemimpin berkharisma sangat memberi kekuatan pada rakyatnya. Memang janji harapan hanyalah sebuah awal, karena akan berhutang dengan pembuktian. Tetapi ibarat langkah, kita berada di jalan yang benar dan arah yang benar. Andaikan Obama Calon Presiden Indonesia, kita mungkin juga punya harapan sebesar Amerika. Bilapun masih sebuah harapan, harapan yang berarti Doa kita bersama...

8 komentar:

Anonim mengatakan...

hmmm..nice viewpoint mas baz, numpang komentar nih ya, voter itu memilih dengan harapan , jd klo nowadays di indonesia kena jangkit virus golput, saya rasa karena sdh ndak ada harapan yg bs ditumpukan ke calon pemimpin. tidak ada yg dimata mereka pemimpin yang bisa membawa perubahan.
mungkin gitu ya mas :)

selamat menjalankan ibadah puasa buat mas baz 'n friends :)

Fajar Indra mengatakan...

saya akan dukung dia jadi prsiden Indonesia... hehehehe

Anonim mengatakan...

obama? terlepas dr ketidak setujuan sy terhadap beberapa cara berpikir obama soal isu geopolitik timur tengah dan utara selatan (pasifik). sepertinya perubahan it memang keniscayaan buat amerika. terlebih negeri kita

Bazoekie mengatakan...

@ Jingga: Harapan rakyat memang cita-cita besar bersama.Bila kita sudah tak ada pemimpin yang punya harapan. Cita-cita kita juga tak jelas.
@fajar indra:
Ok bro, kita berharap masih ada Obama ala indonesia kok. optimis saja.
@gus:
Obama bagaimanapun berdarah Amerika. Amerika is Amerika. Tetapi stidaknya Obama satu contoh kesadaran Amerika tentang kesalahannya di Timur Tengah. Itu perubahan yang sangat besar dibanding Bush.

Anonim mengatakan...

obama jadi president indon OM, lalu mau di kemanain SBY

Anonim mengatakan...

Capres lokal pada tiarap kali.

Anonim mengatakan...

hanya Bung Karno-lah satu2-nya presiden yang berani menunjukkan bahwa Indonesia sebuah negara besar dan berdaulat, bahkan lebih besar dari amerika. lihatlah foto Bung Karno bersama JF Kennedy. Foto itu akan berbisik dgn lantang kepada kita.

Obat Tradisional Mata Berkunang Kunang mengatakan...

Thanks for the information. Once very beneficial to us all. Awaited further information.

Obat Tradisional Hepatitis C

Obat Tradisional Mata Berkunang Kunang Pada Ibu Hamil

Cara Menyembuhkan Miopia Secara Alami