Berkurban

Hari ini masih terhitung Hari Tasyrik, dimana masih dalam suasana Idul Adha atau Idul Qurban. Makna kurban sendiri akan selalu aktual sebagai sarana refleksi kehidupan. Kurban adalah sesuatu sarana mengikhlaskan kepunyaan atau kesenangan untuk kesenangan dan kebahagiaan yang lebih hakiki.
Pengorbanan dalam kehidupan kita sehari-hari sering terwujud dari pemaksaan kita untuk sejenak merasakan sedikit ketidakenakan demi keenakan yang lebih di masa datang kita. Sacrifice atau pengorbanan sepertinya telah akrab di dalam kehidupan rutin kita. Misal kita harus merelakan sebagian penghasilan kita demi kepuasan (bermakna sepiritual mungkin) ataupun kepuasan lainnya di masa yang akan datang. Charity , zakat, Kurban itu sendiri adalah satu contoh kecil dari pengorbanan kecil itu untuk berbagi (share) dengan sesama. Satu hal yang juga penting adalah makna berbagi yang tampaknya akan selalu aktual dalam kehidupan kita. Seseorang yang mau berkurban dan berbagi untuk sesama adalah Pahlawan, demikian inti pesan sebuah iklan partai politik (Tapi kok jadi beda artinya jika menyangkut partai ya?...).
Makna Kurban yang lainnya adalah sifat keikhlasan yang selalu menjadi modal dan landasan hidup kita. Ke-Iklhasan Nabi Ibramahim AS dan putranya Ismail AS adalah wujud ke-ikhlasan yang nyata sebagai teladan. Sebagai seorang ayah dari seorang anak yang sangat dicintai, harus ikhlas mengorbankan anaknya demi satu perintah Allah SWT. Keikhlasan dan keyakinan telah melandasi peikiran Ibrahim AS untuk kebahagiaan dan keridloan Allah yang bersifat keniscayaan.Demikian juga keikhlasan melandas jiwa Ismail AS untuk mempercayai (trust) meskipun hanya sebuah perintah, lewat mimpi malah, ayahanda tercintanya.
Ajaran Kurban mencerminkan keunggulan manusia dibanding makhluk lain. Sifat agung manusia yang harus punya ; Pemikiran, Keyakinan, dan Keikhlasan telah secara menyatakan kita bukan bangsa binatang yang secara keji tega memangsa kawan seiring, menggunting dalam lipatan atau sifat liar dan menghalalkan segala cara lainya.
Ajaran Kurban adalah wujud ikrar kita untuk menjadi manusia yang iksan yang selalu berusaha membunuh sifat kebinatangan dalam diri kita yang sering tidak kita sadari. Beringas dan sering tak sabar menghadapi keadaan sekitar kita.

7 komentar:

yudhi puspa tia mengatakan...

buat sebagian orang berbagi mang agak susah kali ya malah kdg2 pke alesan ga ada yang bisa dibagi

tapi sebenernya berbagi itu bukan masalah ada ato ga ada tapi MW ato GA MW berbagi, ehehehe^^

tul ga mas??!

Anonim mengatakan...

heehehe..kme saya nyate bareng dipesantren....setelah nyembeli sendiri kambing hasil nabung...hehehe

Ramuan diet tradisional mengatakan...

Apa yang disampaikan dalam webiste ini sangatlah menarik dan inspiratif, dan bukan hanyak itu saja semoga dapat bermanfaat pula bagi semua pembaca yang lainnya. Amiiin.

Obat mual dan muntah pada anak mengatakan...

Artikel yang anda bagikan ini sangat inspiratif sekali, terimakasih sudah berbagi artikel bagus seperti ini, god job.

Unknown mengatakan...

When I collapsed, I was sure that God was able to help me with any sort of way. Why I can believe that? because God is almighty giver of sustenance that never used to tell his people.
Obat Cedera Hamstring
Obat Polip Hidung

Unknown mengatakan...

Phlegm is mucous that comes out when coughing from the upper respiratory tract. In medicine, sputum samples are usually used for microbiological investigations of respiratory infections respiratory cytology and investigation system.
Obat Dahak Susah Keluar

JinBasster mengatakan...

very nice what you say. said, polished and elegant very, very good. To view kmu website is very nice, definitely take the time to make a success like this.. Obat nyeri sendi