“Peringatan” di Hari Ulang Tahun


Apa yang menjadi hikmah dari sebuah peringatan ulang tahun di setiap tanggal kelahiran kita. Hari ini aku tepat bertambah lagi usiaku. Bersyukur karena diri ini telah dikaruniai umur dan kesehatan.Tetapi bilakah kita tengok lebh jauh banyak hal yang harus kita benahi yang seakan semakin jelas terlihat di hari ulang tahun kita.
Makna peringatan hari jadi bisa jadi hal biasa dalam hidup ini. Aku pun tak menganggap ini sangat special, tetapi harus dijadikan “peringatan” atau warning atas hidup kita di dunia. Menilih tulisan “jenuh”-ku beberapa har lalu, ini seakan mempertegas peringatan itu. Umur telah nyata bertambah, adakah kedewasaan diri ini bertamabah menghadarpi ujian hdup yang seamakin banyak.
Pada saat kita memperingati ulang tahun, nampak beberapa lampu pringatan tentang pencapaian hidup kita silih berganti menyala pertanda memberi “reminder” kepada kita. Lampu kuning tentang karir menyala, lampu lain tentang jodoh, harapan dan pendapaian silih berganti mengingatkan. Diri kita seakan tersentak melihat semua hal ini bersamaan menyala. Inilah cara indah Tuhan mengingatkan hamba-Nya dalam semua keadaan. Bertambah umur kita, dan semakin berkurangnya jatah hidup kita di dunia ini. Kita seakan tahut akan hal ini, justru ini bisa jadi “Peringatan” positif dari sang Maha Pencipta untuk selalu diberi harapan untuk selalu Istiqomah di Jalan-Nya.
Jadi teringat sebuah ungkapan “Hidup tidak terletak pada persoaalan bagaimana megawalinya, justru terletak bagaimana cara mengakhirinya”.Kita diingatkan oleh sebuah tanggal di setiap tahunya. Belum tentu kita selalu ingat akan pesan di tanggal itu.

3 komentar:

ros_ocoe mengatakan...

Wah 1 lagi Topik yang aku pengen komentari....
Kalo aku pribadi, peringatan untukku menginjak umur semakin tua.....
- Keinginan untuk "diperhatikan"
- Keinginan untuk mempunyai "harta"
Mempunyai uang diBANK GAK ADA GUNAnya! selama kita hanya berpikir tujuan awang2 "demi masa depan"....
Tapi menurutku dengan keinginan mempunyai "harta" akan jelas tujuan kita bekerja, berusaha bangkit dari tidur,..... dan untuk hidup

Met umur 2*.....hehehe biar kelihatan masih muda

Helman Taofani mengatakan...

Happy B-Day Bas...

Wah ra ngomong-ngomong. Aku kok ya sadar yo pas kowe ngomong meh memperpanjang SIM. SIM kan perpanjangane pas ulang tahun...hahaha.

Bazoekie mengatakan...

Thx. banget, Man. Aku juga nganggep biasa ae kok.Tiap taun kan mesti Ultah.Yo mikire umur wis semakin tuwo ae..uban2 telah ada yang tumbuh.he2