Makna Kemerdekaan yang "Tercecer"...


Kemerdekaan, sebuah anugerah setiap insan manusia. Di dalam sebuah bangunan masyarakat dan negara sekalipun kemerdekaan adalah sebuah keniscayan untuk membangun. Makna hari kemerdekaan adalah sebuah puncak evaluasi kita dalam bergerak.
Faktanya Kita sudah merdeka sejak tanggal 17 Agustus 1945, artinya kita sudah 63 tahun merdeka. Analogi sebuah kehidupan adalah satu generasi merajut kehidupan utuh satu generasi manusia. Tetapi sudahkah kita merdeka?...
Di media, menjelang perayaan Hari Kemerdekaan ke-63 banyak opini tentang makna hakekat kemerdekaan yang sesungguhnya. Kita merasa belum merdeka kata sebuah media, karena kita masih dibelit bermacam permasalahan rakyat. Kemiskinan, pengangguran, kesempatan pendidikan rakyat salah satu parameter belum merdekanya kita secara harfiah. Kita sudah merdeka, tetapi belum sepenuhnya merdeka. Benarkah?
Makna kemerdekaan seakan tercecer ke sana kemari dari sekedar pendapat sederhana 220-an juta rakyat. Kemerdekaan  bernada "Pesimis" menjadi makna Merdeka yang tercerai berai.
Bagiku kemerdekaan adalah sebuah sikap. Kenyataan bisa jadi lain, tetapi bukan pada sikap kita. Setiap tanggal 17 Agustus dan hari-hari kita adalah kesempatan untuk merdeka. Bila pun bangsa belum merdeka dalam menentukan arah dan tujuan. Sikap merdeka harus ada di setiap jiwa kita.
Kenapa takut berteriak "Merdeka"?
Merdeka ada setiap hati dan jiwa kita.
Merdeka sebagai manusia...
"Kita"...adalah "Kemerdekaan" itu sendiri...

3 komentar:

Firman Rissaldi mengatakan...

Sepakbola Indonesia masih jauh dr merdeka dalam arti sebenarnya. Birokrasi sepakbola jauh lebih kuat dibanding industri sepakbola.

Andai pun ada, industri yg terjadi malah monopoli. Contohnya Siaran EPL. Padahal pemerintah SBY bisa saja mengeluarkan regulasi yang mewajibkan konsorsium Siaran EPL, termasuk TV Teresterial didalamnya.

Bazoekie mengatakan...

wah jika ngomongin kemerdekaan di bidang bola. Indonesia adalah juru kunci memaknai kemerdekaan.Mungkin cuma satu yang merdeka: Ketua PSSI yang merdeka di dalam penjara. haha...
Industri sepakbola.Belum juga berabjak pada pola profesionalitas pemain di bidang ini. Kasus EPl itu cuma contoh. Berharap aja ada good will dari pemerintah baru...

Obat Tradisional Mata Berkunang Kunang mengatakan...

Thanks for the information. Once very beneficial to us all. Awaited further information.

Obat Tradisional Hepatitis C

Obat Tradisional Mata Berkunang Kunang Pada Ibu Hamil

Cara Menyembuhkan Miopia Secara Alami